BREAKING

Friday, March 14, 2014

5 Layanan Sistem Operasi Komputer untuk User


Salam sahabat Reader.
      Di kesempatan ini Ubung Style akan membahas masih seputar dasar pengenalan Sistem Operasi komputer, yaitu 5 Layanan Sistem Operasi Komputer untuk User. Dalam postingan Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi pernah disinggung bahwa salah satu fungsi dari sisterm operasi adalah merupakan alat untuk mempermudah pengguna komputer atau user. Nah kali ini kita akan lebih menitik beratkan pada point ini, yaitu pelayanan sebuah sistem operasi dalam memberikan kemudahan-kemudahan  kepada si pengguna komputer atau user.
5 Layanan tersebut adalah :
Layanan Eksekusi Program, Operasi-operasi I/O, Manipulasi Sistem file, Komunikasi, dan Mendeteksi kesalahan.

Layanan Sistem Operasi Komputer

1. Layanan Eksekusi Program

     Salah satu layanan yang diberikan oleh Sistem Operasi kepada User untuk memudahkan proses kerja adalah me-load / memanggil ke memory dan menjalankannya. Program tersebut pun harus dapat dihentikan/ diakhiri eksekusinya baik dalam bentuk normal atau pun tidak dalam keadaan normal (eror program).

2. Layanan Operasi-operasi Input/Output

    Saat sebuah program di-running / dijalankan, sering kali juga dibutuhkan proses I/O baik berupa file atau peralatan I/O itu sendiri. Dalam hal ini sistem operasi harus bisa berfungsi sebagai pengontrol, karena hal ini tidak bisa secara lansung dilakukan oleh User karena aspek keamanan dan efesiensi.

3. Layanan Manipulasi Sistem File

    Kadang dalam suatu kondisi, program harus membaca dan menulis berkas, dan membuat ataupun menghapus berkas. Fungsi ini harus bisa dijalankan oleh sebuah Sistem Operasi.

4. Layanan Komunikasi

     Ketika beberapa proses sedang berjalan, kadangkala sebuah proses membutuhkan informasi dari proses yang lain ataupun sebaliknya, sehingga membutuhkan sebuah komunikasi. Pertukaran informasi dapat dilakukan oleh beberapa proses dalam suatu komputer atau bisa juga dengan komputer yang berbeda yang terhubung melalui sistem jaringan. 
    Pada umumnya, ada 2 jenis layanan komunikasi oleh sistem operasi yaitu dengan cara berbagi memory (Shared Memory) dan cara pengiriman pesan (Message Passing).

5. Layanan mendeteksi kesalahan

    Pernahkah anda menemukan sebuah pesan kotak dialog berisi pesan eror yang ditampilkan ketika menjalankan sebuah program ? Itu adalah salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Sebuah sistem operasi untuk memudahkan pengguna komputernya. Sistem harus menjamin kebenaran dalam proses komputasi apapun yaitu dengan cara melakukan pendeteksian error pada CPU dan Memory, perangkat I/O dan atau program yang diinputkan oleh user.

     Selain 5 fungsi layanan diatas, setidaknya ada 3 fungsi tambahan yang ada meskipun tidak secara langsung digunakan untuk membantu user, namun tetap penting dan harus dimiliki oleh setiap sistem operasi karena hal ini digunakan untuk jalannya sistem operasi yang lebih efesien. 3 fungsi layanan tersebut adalah :

a. Resource alocation

   Sebuah sistem operasi harus dapat mengalokasikan resource untuk banyak user atau banyak job yang dijalankan dalm satu waktu yang sama.

b. Accounting

    Accounting Dalam istilah Indonesia lebih dikenal dengan akutansi atau catatan. Jadi, sistem operasi harus membuat semacam catatan daftar berapa resource yang digunakan oleh user, dan resource apa saja yang digunakan untuk menghitung secara statistik akumulasi penggunaan resource.
  Data dari hasil layanan Accounting ini sangat diperlukan terutama dalam sebuah proses konfigurasi bagi seorang user yang ingin ingin meningkatkan pelayanan.

c. Protection

  Layanan sistem protection / pengamanan ini sangat penting, harus dilakukan oleh sebuah sistem karena hal ini untuk menjamin apakah semua akses ke resource telah terkontrol dengan baik atau tidak.

Demikin postingan kali ini tentang :

5 Layanan Sistem Operasi Komputer untuk User

Semoga konsep dasar dalam pembelajaran pengenalan sistem operasi ini dapat berguna untuk sobat yang ingin atau sedang mendalami sistem operasi. Anda juga bisa membaca beberapa artikel terkait di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung, dan sampai jumpa di postingan berikutnya. Salam.. :)

Share Artikel ke :

Facebook Google+ Twitter

About Admin""

Nama lengkap adalah saya Alfin Siddik Amrullah Buton", blogger asal "UBUNG, Kab.BURU, Prov.MALUKU", Web Blog ini berisi tentang sharing ilmu dan motivasi. Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak. Berikan komentar terbaik anda tentang artikel ini

4 comments:

  1. Jadi tahu nih soal sistem komputer dengan sistem manajemennya makasih mas.

    Bisa saya baca sewaktu-waktu izin disave.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mas silahkan..
      Di save dulu nanti jika ada waktu baru dibaca.
      Cuman pengetahuan umum aja kq mas. Masih dasar bangat. :)

      Delete
  2. ternyata banyak juga ya mas layanan yang ada di dalam komputer. Saya selama ini hanya bisa pakai aja buat ngetik dan internetan hehee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba,, skrang biar sama-sama belajar.

      Delete

 
Copyright © 2013 Ubung Style
Created by FBTemplates | Re-design by Alfin Amrullah
Proudly powered by © Blogger
Support : Exonera 12 | English Grammar's Blog