BREAKING

Monday, March 10, 2014

Komponen-komponen Utama Sistem Operasi


Salam Sobat reader..
    Masih dalam bahasan seputar Sistem Operasi, kali ini Ubung Style akan membahas tentang Komponen-komponen Utama Sistem Operasi. Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya Jenis-jenis Operating System, kali ini kita akan membahas beberapa komponen utama yang mendukung proses jalalanya suatu sistem operasi komputer. Diantaranya adalah :
 "Manajemen proses, Manajemen momry utama, Manajemen file, Manajemen Sistem I/O, Manajemen penyimpanan sekunder, Sistem jaringan, Sistem proteksi, dan System command interpreter"
Main Components of Operating System

1. Manajemen Proses

      Proses adalah program yang sedang berjalan atau sedang dieksekusi dalam sebuah sistem oprasi komputer. Misalkan jika pada Sistem Operasi Windows, kita dapat melihatnya di sistim Windows Taks Manager (shortcut : ctrl + alt + del > pilih tab Processes ). Contoh proses :

Contoh Proses

Pada gambar diatas, kita dapat melihat bahwa proses atau program yang sedang berjalan dalam komputer saya adalah sebanyak 87 proses.
      Untuk bisa berjalan, sebuah proses tentunya membutuhkan yang namanya Resource atau Sumber daya tertentu untuk menyelesaikan tugasnya. Resource yang dibutuhkan tersebut adalah seperti waktu CPU, memory, file dan perangkat Input/Output (I/O). Inilah yang disebut dengan manajemen proses.
         Nah untuk menjalankan suatu proses, Sistem Operasi bertanggung jawab pada seluruh aktivitas yang berhubungan dengan manajemen proses. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain :
a. Pembuatan dan penghapusan proses yang dibuat oleh user dan sistem.
b. Menghentikan sementara proses yang sedang berjalan dan kemudian melanjutkanya.
c. Menyediakan kelengkapan mekanisme untuk sinkronisasi proses dan komunikasi proses.
2. Manajemen Memory Utama

     Memory adalah tempat menyimpan sebuah array yang biasanya berukuran word atau byte yang mempunyai alamat memorynya masing-masing. Memory dapat mengakses data yang digunakan oleh CPU dan perangkat Input/Output dengan cepat. 
        Sistem Operasi bertanggung jawab mengatur jalannya aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan memory. Proses inilah yang disebut dengan Manajemen Memory Utama. Aktivitas-aktivitas manajemen memory tersebut antara lain :
a. Memelihara bagian-bagian memory yang sedang digunakan.
b. Memtuskan proses-proses mana saja yang harus dipanggil ke memory.
c. Mengalokasikan dan mendealokasikan ruang memory jika saat diperlukan.
3. Manajemen File

     File adalah informasi-informasi yang saling berhuhungan yang sudah didefinisikan oleh user. File bisa dalam bentuk program dan data Misalnya gambar, file video, file music, dll. 
     Karena file termasuk dalam komponen utama suatu sistem operasi, maka sistem perlu mengatur aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan file. Ini yang dinamakan Manajemen File. Aktivitas-aktivitas yang diatur oleh sistem operasi dalam manajemen file adalah :
a. Pembuatan dan penghapusan file.
b. Pembuatan dan penghapusan direktori.
c. Manipulasi file dan dierktori.
d. Pemetaan file ke memory sekunder.
e. Backup file ke media penyimpanan nonvolatile.
4. Manajemen I/O

     Input adalah proses pemasukan data atau perintah, sedangkan output adalah proses pengeluaran hasil input yaitu bisa berupa hard copy (print text dan gambar) maupun soft copy (tampilan di layar monitor dan suara). Sebuah sistem operasi pun bertanggung jawab dalam proses yang berhubungan dengan Manajemen I/O ini.
Aktivitas-aktivitas yang diatur oleh Sistem operasi terkait dengan I/O adalah :
a. Sistem buffer-caching.b. Interface defice-driver secara umum.
c. Driver untuk defice hardware-hardware tertentu.
5. Manajemen penyimpanan sekunder

      Untuk media peyimpanan, memory utama (Primary storage) saja tidak cukup karena ukurannya terlalu kecil untuk mengakomodasi semua data dan program secara permanen. Data yang tersimpan hanya dalam primary storage akan hilang ketika sistem mati. Untuk itu sistem komputer butuh yang namanya media penyimpanan sekunder (Secondary storage) untuk membackup memory utama. 
     Dalam proses Manajemen penyimpanan sekunder, suatu Sistem Operasi bertanggung jawab atas beberapa aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan media peyimpanan sekunder berikut :
a. Pengaturan ruang bebas.
b. Alokasi penyimpanan.
c. Penjadwalan disk.
6. Sistem Jaringan

    Sistem jaringan disebut juga Sistem terdistribusi. Pada postingan pekembangan jenis-jenis operating system sudah dijelaskan mengenai hal ini. Pada sistem terdistribusi, terdapat lebih dari satu processor (kumpulan processor) yang bekerja dan menggunakan clock secara bersama-sama tapi mempunyai local memory sendiri-sendiri. 
     Prosessor-prosessor dalam suatu sistem jaringan atau sistem terdistribusi dihubungkan melalui jaringan komunikasi  dengan menggunakan protocol. Sistem terdistrubusi memungkinkan user mengakses resource yang beragam. Nah disinilah berjalan fungsi dari sistem operasi. 
    Sistem operasi yang sudah terdistribusi atau terhubung dalam satu jaringan memiliki kelebihan-kelebihan yaitu antara lain : 
a. Meningkatkan kecepatan komputasi.
b. Meningkatkan ketersediaan data.
c. Meningkatkan kehandalan sistem.
7. Sistem Proteksi

      Sistem proteksi adalah sebuah mekanisme perlindungan atau pengontrolan akses oleh program, proses atau user pada sistem maupun resource dari user. Sistem operasi bertugas melakukan ini.
      Mekanisme pengontrolan atau sistem proteksi yang dilakukan atau disediakan oleh sistem adalah :
a. Membedakan antara pengguna yang sah atau yang tidak.
b. Menentukan kontrol yang terganggu.
c. Menetapkan cara pelaksanaan proteksi.
8. Sistem Command Interpreter

    Sistem Command Interpreter adalah sistem program yang membaca dan menerjemahkan pernyataan kontrol. Hal ini  sering disebut juga command-line interpreter pada WINDOWS atau Shell pada UNIX. 
      Beberapa perintah dimasukkan ke dalam sistem operasi menggunakan pernyataan kontrol. Hal ini digunakan antara lain untuk :
a. Manajemen dan pembuatan proses.
b. Penanganan I/O.
c. Manajemen penyimpanan sekunder.
d. Manajemen memory utama.
e. Akses Sistem file.
f. Proteksi.
g. Jaringan.
     Demikian pembahasan kali ini tentang :

Komponen-komponen Utama Sistem Operasi

   Semoga bermanfaat dan dapat difahami sehingga meningkatkan wawasan pengetahuan kita bersama. Terima kasih telah berkunjung, jangan lewatkan juga artikel "Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi". Nantikan postingan artikel menarik selanjutnya .! Salam.. 

Share Artikel ke :

Facebook Google+ Twitter

About Admin""

Nama lengkap adalah saya Alfin Siddik Amrullah Buton", blogger asal "UBUNG, Kab.BURU, Prov.MALUKU", Web Blog ini berisi tentang sharing ilmu dan motivasi. Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak. Berikan komentar terbaik anda tentang artikel ini

2 comments:

  1. Waaw, ilmu baru nih buat saya, soalnya masih asing istilah-istilahnya makasih ya mas udah berbagi ma saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas kebetulan aja memang saya basicnya belajar ilmu informatika. Jadi agak familiar dengan yang beginian. Yang saya sharingkan ini juga masih dasar-dasar pengetahuan umum mengenai komputer mas.
      Senang bisa berbagi. :)

      Delete

 
Copyright © 2013 Ubung Style
Created by FBTemplates | Re-design by Alfin Amrullah
Proudly powered by © Blogger
Support : Exonera 12 | English Grammar's Blog