BREAKING

Monday, September 23, 2013

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi

Assalamu'alaikum sahabat  reader.. 
       Di kesempatan ini Ubung Style akan menjelaskan tentang pengertian dan fungsi Sistem Operasi (Operating System). Sistem operasi terbagi atas 3 macam yaitu sistem operasi untuk komputer (Windows, Linux, Mac dan sejenisnya), sistem operasi untuk mobile phone (android, blackbary dan sejenisnya), sistem operasi untuk server (IOS dan sejenisnya).


Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi

      Sistem operasi atau yang biasa disingkat OS, sebenarnya pada dasarnya adalah  merupakan perangkat lunak (software), yang mempunyai tugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras (Hardware) serta operasi-operasi dasar dari suatu sistem Komputer. Manajemen ini termasuk menjalankan software aplikasi seperti  pengolah kata (contohnya Microsoft Office Word, Libra Office Word dan sejenisnya ), pengolah angka (Microsoft Office excel, Libra Office Excel dan sejenisnya), pemutar multimedia (KMP, Windows Media Player dan sejenisnya), aplikasi design grafis (adobe Photo shop, corel draw dan sejenisnya) dan seluruh aplikasi apapun yang diinstall dalam komputer.
Selain itu pengertian sistem operasi juga dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, yaitu :

1. Sistem operasi merupakan alat untuk mempermudah pengguna komputer. 

         Sistem operasi dirancang  dengan mengutamakan kemudahan dalam penggunaanya. Semakin mudah suatu sistem operasi digunakan, maka semakin banyak pengguna yang menggunakannya. Itulah mengapa Windows adalah Sistem Operasi yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia, dikarenakan terkenal mudah digunakan atau user friendly.

2.  Sistem operasi adalah alat Resource Allocator, yaitu dapat menempatkan sumber daya secara efisien. 

      Sistem Operasi merupakan pengatur sumber daya yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien, serta eksekusi aplikasi dan operasi dari alat I/O. Dalam hal ini kinerja suatu sistem operasi berbanding lurus dengan perangkat keras atau hardware yang dipakai dalam suatu komputer. Semakin tinggi Spesifikasi hardware, semakin bagus kinerja sistem operasi.

3. Sistem Operasi merupakan bagian program yang berjalan setiap saat tanpa henti  (disebut kernel).
       
        Jadi selama komputer dinyalakan, sistem operasi akan terus bekerja, walaupun tidak ada satupun aplikasi yang dijalankan. Kernel sendiri adalah merupakan perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sistem operasi. Kernel bertugas mengatur kapan dan berapa lama suatu perintah dapat dieksekusi melalui perangkat keras.
       Sekian  penjelasan mengenai :

Pengertian dan fungsi sistem operasi

semoga bermanfaat dan dapat dipahami . Baca juga artikel "Cara Menghilangkan tanda panah pada icon shorcut di desktopSampai jumpa di postingan berikutnya.!! Wassalam.. :)

 

Share Artikel ke :

Facebook Google+ Twitter

About Admin""

Nama lengkap adalah saya Alfin Siddik Amrullah Buton", blogger asal "UBUNG, Kab.BURU, Prov.MALUKU", Web Blog ini berisi tentang sharing ilmu dan motivasi. Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak. Berikan komentar terbaik anda tentang artikel ini

2 comments:

  1. Bagus saya baru tau Ni Android == > Visit back juga ya Movcup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya thanks telah mampir mas.
      udah ta visit back..

      Delete

 
Copyright © 2013 Ubung Style
Created by FBTemplates | Re-design by Alfin Amrullah
Proudly powered by © Blogger
Support : Exonera 12 | English Grammar's Blog