BREAKING

Thursday, September 19, 2013

wireless electry (Listrik Tanpa Kabel)


Assalamu'alaikum sahabat reader. 
Senang sekali Ubung Style dapat berjumpa lagi dengan sobat sekalian. Kali ini saya akan berbagi info tentang penemuan listrik wireless (wireless electry). Tahukah sobat reader ? Saat ini para ilmuan telah menemukan dan sedang mengembangkan tekhnologi listrik wireless, yaitu pengaliran listrik tanpa media penghantar berupa kabel.

Unik, tapi ini memang fakta. Saat pertama mendengar ini dari dosen di saat perkuliahan, saya juga sempat terheran dan tak percaya. Tapi setelah mencari-cari informasi dari berbagai sumber, saya pun menemukan bahwa tekhnologi ini memang benar-benar telah ada dan nyata ditemukan, meskipun sekarang masih dalam tahap pengembangan. Anda bisa bayangkan, dengan adanya penemuan ini, kedepannya kita tidak perlu lagi risau dengan adanya kabel yang berlalu lalang di sekitar kita. Dengan listrik tanpa kabel, kita dapat menggunakan alat-alat elektronik kita seperti TV, DVD, HiFi-Headset dan lain-lainya tanpa menggunakan kabel listrik listrik. Bahkan, baterai perangkat mobile seperti laptop, ponsel, atau kamera digital terisi secara otomatis. Wah luar biasa bukan ?

Professor Peter Fischer, salah satu anggota tim riset, menjelaskan bahwa teknologi ini dapat digunakan untuk men-charge perangkat yang menggunakan listrik seperti laptop. “Selama laptop berada dalam ruangan yang menggunakan wireless power, laptop itu dapat menge-charge secara otomatis”. Pemancar WREL dapat dipasang dalam dinding rumah untuk memasok listrik ke semua perangkat elektronik yang berada dalam magical zone ( Area jangkauan ). Bahkan meja tulis pun dapat berguna untuk memasok maupun mengisi baterai semua perangkat elektronik di sekitarnya.

Riset ini di danai oleh Army Research Office, National Science Foundation dan the Departement of Energy. Dapat kita bayangkan, di masa depan hidup kita akan benar-benar simpel. Pemancaran listrik secara nirkabel bakal menjadi faktor penting, bukan saja antarperangkat, melainkan juga di dalam perangkat-perangkat canggih itu sendiri. Sama seperti melihat Internet melalui WLAN (wifi,hotspot) saat ini. 

Nah pertanyaanya adalah bagaimana listrik dapat ditransfer tanpa menggunakan perangkat perantara berupa kabel ? Loh kok bisa ? Apa mungkin ? Tentu saja bisa, apa sih yang tidak mungkin di dunia ini ? Yang pasti, ada penjelasan ilmiahnya dan bukan sihir. Hehe. Berikut penjelasan ilmiahnya yang berhasil saya rangkup dari berbagai sumber.  

Prinsip dasar bagaimana energi listrik dapat di transfer  tanpa kabel adalah berhubungan dengan fenomena resonansi. Resonansi merupakan proses bergetarnya suatu benda dikarenakan ada benda lain yang bergetar, hal ini terjadi dikarenakan suatu benda bergetar pada frekwensi yang sama dengan frekwensi benda yang terpengaruhi. Nah, begitupun listrik. Getaran listrik dapat mentransfer energi antara dua titik tanpa media penghantar dengan menggunakan resonansi. 

wireless electry
wireless electry



Untuk memperkuat resonansinya, para ilmuan menggunakan  sebuah transmitter WREL. transmitter WREL memancarkan medan magnet dengan bantuan coil yang dipancarkan dengan frekuensi yang sama dengan receiver WREL.  Agar impedansinya optimal, digunakan gulungan kabel pada kedua sisinya. Gulungan kabel juga berfungsi sama seperti gigi transmisi sepeda. Saat menanjak gigi transmisi diturunkan agar mendapatkan energi yang lebih efisien, begitupun sebaliknya. Receiver WREL juga menentukan sendiri tegangan yang diperlukan sesuai dengan ukuran. Jadi, fungsi adaptor tidak diperlukan. Selain itu, transmiter WREL juga hanya memancarkan energi sebanyak yang diperlukan oleh receiver. 

Tetapi keamanan terhadap radiasi masih perlu dipertanyakan. Karena medan magnet yang kuat selalu membawa radiasi elektromagnetis. Maka saat ini para peneliti berusaha untuk menggunakan frekuensi yang menghasilkan medan magnet yang kuat dengan beban electromagnetis kecil dan terbukti saat produk pertama diluncurkan ke pasar, teknologi WREL ini benar-benar aman terhadap manusia.
Kita berdoa saja semoga penemuan ini dapat terus dikembangkan sehingga dapat memudahkan kehidupan manusia di masa depannya. Sekian informasinya tentang :

Wireless Electry

 semoga bermanfaat dan sampai jumpa  di artikel selanjutnya.!! Wassalam..:)


Share Artikel ke :

Facebook Google+ Twitter

About Admin""

Nama lengkap adalah saya Alfin Siddik Amrullah Buton", blogger asal "UBUNG, Kab.BURU, Prov.MALUKU", Web Blog ini berisi tentang sharing ilmu dan motivasi. Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak. Berikan komentar terbaik anda tentang artikel ini

4 comments:

  1. Replies
    1. Makasih Ka Fhay..
      Update trus info di Ubung Style.

      Delete
  2. Hati juga Wireless loh.
    Bukan hanya listrik aja yang wireless,,
    bahkan jangkauannya lebih luas. hehehe..
    peace...!! :D :v (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...
      Ya ya ya.. Bisa jadi.
      Saya setuju. !!!

      Delete

 
Copyright © 2013 Ubung Style
Created by FBTemplates | Re-design by Alfin Amrullah
Proudly powered by © Blogger
Support : Exonera 12 | English Grammar's Blog