BREAKING

Wednesday, November 13, 2013

4 Macam Layout Standar Keyboard Komputer


Assalamu'alaikum Sahabat Reader..
           Masih seputar Keyboard Komputer, kali ini saya akan membahas tentang 4 macam Layout Standar Keyboard Komputer. Sebelum lanjut, saya sarankan untuk membaca artikel sebelumnya yaitu Bagaimanakah cara Keyboard bekerja ? Jika sudah dibaca ataupun sudah faham, sahabat bisa mengekuti penjelasan selanjutnya di artikel ini.
4 Macam Standar Keyboard Komputer

       Tahukah sahabat ? Bahwa berdasarkan susunan strutktur layout, ternyata keyboard komputer itu ada beberapa macam atau jenis. Antara lain adalah :
1. Keyboard Qwerty.2. Keyboard Dvorak 3. Keyboard Azerty, dan
4. Keyboard Qwertz. 
      Yang paling umum termasuk saya dan sahabat gunakan adalah keyboard jenis QWERTY. Sering kali kita bertanya, mengapa susunan layout keyboard yang sehari-sehari kita gunakan itu seperti ini ? Apakah ini sudah merupakan susunan terbaik yang pernah dibuat sehingga untuk memaksimalkan kecepatan waktu kita dalam mengetik ? Sebenarnya, susunan keyboard yang kita pakai selama ini, adalah susunan terrumit yang pernah dibuat, yang bertujuan untuk pengguna dapat mengetik dengan lebih lambat. Mengapa demikian ?
        Hal ini ada alasannya. Karena berdasarkan sejarah penemuan mesik ketik oleh Christopher Latham Sholes (1868). Pertama kali dia menciptakan layout tombol huruf pada mesin ketik, sebenarnya layout itu sangat efisien dan mudah sehingga memungkinkan pengguna dapat mengetik dengan sangat cepat. Sangking cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sehingga sering timbul masalah pada waktu itu. Slug (batang-batang huruf) yang menghentak pita tinta, mengalami kegagalan mekanik karena sering disebabkan slug-slug itu saling mengait.
        Akhirnya diciptakanlah sebuah layout keyboard yang cukup rumit, yang memungkinkan untuk pengguna dapat mengetik lebih lama sehingga dapat meminimalisir adanya kerusakan dan kegagalan fungsi mekanik dari mesin ketik. Layout inilah yang kemudian berlanjut ke era komputer, dan masih dipertahankan hingga sekarang yang kita gunakan, karena sudah diresmikan sebagai keyboard stadar ISO (Internation Standard Organization) pada tahun 1973, yaitu layout Qwerty.
       Selain layout Qwerty, sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekrang ini, misalnya yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak pada tahun 1940 yaitu  "American Simpeled Keyboard (ISK)" yang sering disebut DVORAK karena mengambil dari nama penemunya. Yang lebih mencengangkan adalah, sebenarnya susunan layout keyboard Dvorak jauh lebih memungkinkan pengguna untuk dapat mengetik dengan lebih cepat dan efesien. Namun karena layout Qwerty yang sudah terlanjur sering gunakan di kalangan umum, akhirnya memaksakan untuk Dvorak harus tunduk ditelan oleh dominasi Qwerty. Perusahaan-perusahan dan organisasi dunia lainnya enggan untuk menggantikan standar layout yang sudah ada karena tidak mau menanggung resiko rush atau kegagalan apabila mengganti ke susunan keyboard Dvorak. Perhatikan perbedaan keduanya pada gambar berikut ini :
Perbedaan Qwerty dan Dvorak keyboard layout
Perbedaan Qwerty dan Dvorak keyboard layout
       Satu-satunya yang mengakui standar Dvorak adalah American National Standard Instute (ANSI) yang menyetujuinya sebagai versi alternatif di tahun 1970. Gmabar berikut adalah model keyboard Dvorak untuk tangan kanan dan tangan kiri, yang biasa digunakan untuk mesin elektronik buatan eropa.

maltron-dvorak
Dvorak untuk mesin Elektronik buatan Eropa


          Sedangkan ini adalah keyboard Qwerty yang sekaligus berfungsi sebgai mouse.
Keyboard Qwerty sekaligus Mouse
Keyboard Qwerty sekaligus Mouse


         Selain keduanya ada juga susunan keyboard lainnya yang masih dalam perkembangan yaitu antara lain Qwerzt yang digunakan di negara Hungaria, Jerman, Swiss. Dan Azerty yang digunakan oleh Negara Prancis dan Belgia. Perhatikan susunanya pada gambar di bawah :
Layout Keyboard standar Qwerzt
Layout Keyboard standar Qwerzt

Layout Keyboard standar azerty
Layout Keyboard standar azerty
           Sekian penjelasan saya kali ini tentang

4 Macam Standar Layout Keyboard Komputer

       Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita bersama. Baca juga artikel : " Eject Flashdik menggunakan Sebuah Shortcut" . Sampai bertemu di postingan berikutnya .! Wassalam.. :) 

Share Artikel ke :

Facebook Google+ Twitter

About Admin""

Nama lengkap adalah saya Alfin Siddik Amrullah Buton", blogger asal "UBUNG, Kab.BURU, Prov.MALUKU", Web Blog ini berisi tentang sharing ilmu dan motivasi. Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak. Berikan komentar terbaik anda tentang artikel ini

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Ubung Style
Created by FBTemplates | Re-design by Alfin Amrullah
Proudly powered by © Blogger
Support : Exonera 12 | English Grammar's Blog