BREAKING

Tuesday, November 12, 2013

Bagaimanakah cara keyboard bekerja ?



Assalamu'alaikum Sahabat reader.
      Di kesempatan ini saya akan membahas tentang Bagaimanakah cara Keyboard bekerja. Dalam setiap interaksinya dengan komputer, Setiap orang pasti menggunakan keyboard. Namun tidak semua tahu bagaimana cara kerja dari keyboard itu, bagaimana ketika user menekan tombol di keyboard bisa ditampilkan di layar monitor. Untuk itulah saya merasa perlu untuk membahasnya, sehingga kita bisa sama-sama memahaminya. Dalam postingan ini kita akan membahas tentang Apa itu Keyboard, struktur umum keyboard, dan cara kerjan keyboard.

Bagaimanakah cara keyboard bekerja



1. Apa itu Keyboard ?

       Keyboard adalah sekumpulan tombol yang tersusun pada suatu tempat seperti mesin ketik, yang jumlah tombolnya berkisar 101, 104, 110 dan lain-lain tergantung perusahan yang membuatnya. Keyboard berfungsi sebagai alat masukan (input device) dari perintah user sehingga ditampilkan ke layar monitor. Dengan keyboard, seorang user dapat mengetik dokumen, menggunakan keystrok cara pintas, memainkan game, mengakses menu,  dan masih banyak lagi fungsi keyboard lainnya.

2. Struktur umum keyboard

      Keyboard dapat memiliki struktur dan kunci yang berbeda-beda, tergantung pada sistem operasi yang dibuat dan perusahaan yang membuatnya. Keyboard laptop pun tidak sama dengan keyboard PC, keyboard laptop jumlahnya lebih sedikit dari kyeboard PC. Namun secara umum keyboard memiliki standarisasi struktural, atau disebut dengan Layout Standard Keyboard. 

Struktur umum keyboard

layout tersebut antara lain :
- Function keys ( F1-F12)
- Numeric keys dan numeric keypad ( 0-9 )
- Normal keys
- Lock keys
- Navigation keys
3. Cara kerja keyboard

       Untuk memahamai cara keyboard bekerja, perhatikan skema berikut ini :

Cara Kerja Keyboard

Penjelasan :
Ketika tombol keyboard dipencet/ditekan (step 1), seketika itu keyboard controller akan mengirim code scan ke keyboard buffer(step 2). Kemudian keyboard controller mengirim interrupt request ke system software (step 3). System software merespon interupt dengan cara membaca kode scan dari keyboard buffer (step 4). Langkah terakhir, System software meluluskan kode scan ke CPU untuk diproses dan ditampilkan di layar monitor. 

            Begitulah cara keyboard bekerja. Keyboard bekerja dalam waktu yang sangat singkat sehingga kita mengetikkan sebuah huruf di program text editor, dalam waktu yang sama langsung sudah muncul di monitor. Yang perlu diingat juga adalah, tindakan mekanis pembacaan kode scan oleh keyboard controller menyebabkan beberapa getaran yang disebut bounce, yang menyaring processor. Sehingga jika seorang menekan satu tombol secara terus-menerus dan sedikit lama, maka processro akan mengenalinya setara dengan menekan tombol berulang-ulang. Sebagai contoh tulisan "ooooooooooo", dihasilkan dari menekan tombol o terus menerus dalam beberapa lama.
           Sekian postingan kali ini tentang 

Bagaimana cara keyboard bekerja ?

          Saya berharap semoga bisa difahami oleh sahabat, baca juga artikel "Cara menghapus file di komputer secara permanen" semoga bermanffat, dan sampai bertemu di postingan berikutnya.! Wassalam .. :)

Share Artikel ke :

Facebook Google+ Twitter

About Admin""

Nama lengkap adalah saya Alfin Siddik Amrullah Buton", blogger asal "UBUNG, Kab.BURU, Prov.MALUKU", Web Blog ini berisi tentang sharing ilmu dan motivasi. Pembaca yang baik, selalu meninggalkan jejak. Berikan komentar terbaik anda tentang artikel ini

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Ubung Style
Created by FBTemplates | Re-design by Alfin Amrullah
Proudly powered by © Blogger
Support : Exonera 12 | English Grammar's Blog